TUGAS MAWASISWA BARU
Fasilitas Mahasiswa
http://studentsite.gunadarma.ac.id Sebuah fasilitas online untuk mahasiswa dan mahasiswi Universitas Gunadarma,terdapat banyak layanan yang dapat kita gunakan dalam studentsite ini,seperti kita dapat melihat jadwal kuliah,rangkuman nilai,warta warga,jadwal ujian,info seminar dan lain sebagainya.
Disini yang sering digunakan adalah untuk penyerahan tugas,khususnya pada mata kuliah soft skill,mahasiswa biasanya menyerahkan tugas soft skill di studentsite ini.seperti yang telah di jelaskan fitur-fitur lain yang terdapat pada studentsite ini yaitu warta warga.
Warta warga merupakan pusat informasi pada studentsite,kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi didalam warta warga ini,di dalam fitur warta warga ini kita juga dapat melihat contoh-contoh artikel tugas untuk dijadikan referensi.
Pada intinya studentsite sangat bermanfaat bagi kelangsungan proses pembelajaran mahasiswa,namun seiring dengan kelebihan itu terselip sebuah kekurangan dari studentsite,yang menurut saya sangat mengganggu bagi proses pembelajaran.
Kekurangan itu adalah seringnya terjadi error pada layanan studentsite ini,ini membuat mahasiswa sulit masuk dalam layanan ini,juga dapat membuat keterlambatan penyerahan tugas,ataupun terlambatnya mendapat informasi yang ada pada studentsite ini.dan harapan terbesar saya adalah semoga layanan untuk mahasiswa ini dapat berfungsi lebih baik lagi khususnya untuk para mahasiswa.
Minggu, 31 Oktober 2010
Jumat, 29 Oktober 2010
PENGANTAR BISNIS MODERN "resume bab 7"
BAB 7
PEMASARAN
Pengertian dan Konsep Pemasaran
• Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.
• Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuasakan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima faedah,yakni :
(1)faedah bentuk
(2)faedah waktu
Dapat diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya
Merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
(3)faedah tempat
Merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
(4)faedah milik
Diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
(5)faedah informasi
Diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran sesuatu produk kepada konsumen.
• Konsep Pemasaran
Merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemusan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan solusi bagi kelangsungan hidup perusahaan.
• Pendekatan Studi Pemasaran
Pemsaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan,yaitu:
1. pendekatan serba fungsi
2. pendekatan serba lembaga
3. pendekatan serba barang
4. pendekatan serba manajemen
5. pendekatan serba sistem
• pendekatan Serba Fungsi
1. penjualan
penjualan merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk untuk mencapai pasar yang dituju.
2. pembelian
bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga,pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
3. pengangkutan
merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan.
4. penyimpanan
merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
5. pembelanjaan
Adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ektern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
6. penanggungan Risiko
Adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
7. standarisasi dan granding
merupakan dua istilah yang agak berbeda meskipun ada juga persamaannya.
Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikkasi barang-barang hasil manufaktur,kadang disebut normalisasi.
Granding adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam golongan standard kualitas yang telah mendapat pengakuan dunia perdagangan.
8. pengumpulan informasi pasar
3 macam fungsi pokok pemasaran,yaitu :
a)fungsi petukaran,meliputi pembelian dan penjualan.
b)fungsi penyediaan fisik,meliputi:pengangkutan dan penyimpanan
c)fungsi penunjang,meliputi:pembelanjaan,penanggungan resiko,standarisasi dan granding,serta pengumpulan informasi pasar.
• Pendekatan Serba Lembaga
Lembaga tersebut adalah :
1. penyediaan bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
2. produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
3. perantara pedagang
4. perantara agen
5. perusahaan saingan
6. pembeli akhir
• pendekatan Serba Barang
merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
• Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitikberatkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
• Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang,dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
Struktur Organisasi Pemasaran
Sebagai salah satu fungsi poko dalam perusahaan,pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaa.manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam dua sub bagian:
1. sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
2. sub bagian penjualan umum.
Pasar
• Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.,yang terdapat dalam pasar:
1. orang dengan segala keinginannya
2. daya beli mereka
3. kemauan untuk membelanjakan uangnya.
• Macam-macam Pasar
1. pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan,bukannya dijual atau diproses lebih lanjut
2. pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi.
3. pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud dijual lagi.
4. pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah.
• Segmentasi Pasar
Segementasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari satu produk ke dalam satuan-satuan pasar(segmen pasar)yang bersifat homogen.
Marketing Max dan Produk
• Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem persamaan perusahaan,yakni:produk,struktur harga,kegiatan promosi,dan sistem distribusi.
• Pengertian Barang
Barang atau produk adalah satu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba,termasuk bungkus,warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya.
• Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
Penggolongan ini menunjukkan berapa kali sebuah barang dapat digunakan,apakah sekali,dua kali atau beberapa kai,atau sekian banyak kali.selain itu ,penggolngan tersebut juga menunjukan konkrit tidaknya suatu barang,sehingga barang-barang dibagi kedalam:
1. barang tahan lama
2. barang tidak tahan lama
3. jasa
• Penggolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
1. barang konsumsi
2. barang industri
• Siklus Kehidupan Barang (product Life Cycle)
Seperti halnya manusia,barang juga memiliki siklus kehidupan/umur yang terdiri atas beberapa tahap sejak barangdiperkenalkan,sampai tidak lagi terdapat di pasaran;ini disebut sebagai siklus kehidupan barang.tahap-tahap siklus kehidupan barang :
1. tahap perkenalan
2. tahap pertumbuhan
3. tahap kedewasaan dan kejenuhan
4. tahap kemunduran
• Merk
Brand/merk adalah satu nama ,istilah simbul,atau disain yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang yang dihasilkan oleh pesaing.
Saluran Pemasaran
• Pengertian Saluran Pemasaran
Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
• Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
• Saluran Distribusi Ganda
Faktor-faktornya adalah:
1. jenis barang yang dipasrkan
2. produsen yang menghasilkan produknya
3. penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. pasar yang dituju
• perantara saluran
• Pedagang besar
• Pengecer
Jenis-jenis pengecer:
1. general marchendise store
2. single-line store
• Agen
Jenis-jenis agen :
1. agen penjualan
2. agen pembelian
3. agen pengangkutan
• jumlah perantara dalam saluran
3 alternatif yang dapat ditempuh oleh produsen :
1. distribusi intensif
2. distribusi selektif
3. distribusi eksklusif
• distribusi fisik
pada pkoknya ,dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah :
1. pengangkutan
2. penyimpanan
Penentuan Harga
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
• Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga
1. keadaan perekonomian
2. penawaran dan permintaan
3. elastisitas permintaan
4. persaingan
5. biaya
6. tujuan perusahaan
7. pengawasan pemerintah
• metode-metode penetapan harga
1. penetapan harga biaya plus(cost-plus pricing method)
2. penetapan harga mark-up (mark-up pricing method)
3. penetapan harga break-even (break even pricing)
• politik penetapan harga
(1)penetapan harga psikhologis,(2)price lining(3)potongan harga(4)penetapan harga geografis
Promosi dan Periklanan
• promosi
salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.
• Periklanan
Adalah komunikasi non-individu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan,lembaga non-laba,serta individu-individu
Personal Selling,Promosi Penjualan,dan Publisitas
• Persunal selling
Adalah interaksi antar individu,saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
• Promosi penjualan
Merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama menggunakan kata promosi.
• Publisitas
Merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.
PEMASARAN
Pengertian dan Konsep Pemasaran
• Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.
• Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuasakan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima faedah,yakni :
(1)faedah bentuk
(2)faedah waktu
Dapat diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya
Merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
(3)faedah tempat
Merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
(4)faedah milik
Diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
(5)faedah informasi
Diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran sesuatu produk kepada konsumen.
• Konsep Pemasaran
Merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemusan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan solusi bagi kelangsungan hidup perusahaan.
• Pendekatan Studi Pemasaran
Pemsaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan,yaitu:
1. pendekatan serba fungsi
2. pendekatan serba lembaga
3. pendekatan serba barang
4. pendekatan serba manajemen
5. pendekatan serba sistem
• pendekatan Serba Fungsi
1. penjualan
penjualan merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk untuk mencapai pasar yang dituju.
2. pembelian
bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga,pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
3. pengangkutan
merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan.
4. penyimpanan
merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
5. pembelanjaan
Adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ektern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
6. penanggungan Risiko
Adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
7. standarisasi dan granding
merupakan dua istilah yang agak berbeda meskipun ada juga persamaannya.
Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikkasi barang-barang hasil manufaktur,kadang disebut normalisasi.
Granding adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam golongan standard kualitas yang telah mendapat pengakuan dunia perdagangan.
8. pengumpulan informasi pasar
3 macam fungsi pokok pemasaran,yaitu :
a)fungsi petukaran,meliputi pembelian dan penjualan.
b)fungsi penyediaan fisik,meliputi:pengangkutan dan penyimpanan
c)fungsi penunjang,meliputi:pembelanjaan,penanggungan resiko,standarisasi dan granding,serta pengumpulan informasi pasar.
• Pendekatan Serba Lembaga
Lembaga tersebut adalah :
1. penyediaan bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
2. produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
3. perantara pedagang
4. perantara agen
5. perusahaan saingan
6. pembeli akhir
• pendekatan Serba Barang
merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
• Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitikberatkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
• Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang,dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
Struktur Organisasi Pemasaran
Sebagai salah satu fungsi poko dalam perusahaan,pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaa.manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam dua sub bagian:
1. sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
2. sub bagian penjualan umum.
Pasar
• Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.,yang terdapat dalam pasar:
1. orang dengan segala keinginannya
2. daya beli mereka
3. kemauan untuk membelanjakan uangnya.
• Macam-macam Pasar
1. pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan,bukannya dijual atau diproses lebih lanjut
2. pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi.
3. pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud dijual lagi.
4. pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah.
• Segmentasi Pasar
Segementasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari satu produk ke dalam satuan-satuan pasar(segmen pasar)yang bersifat homogen.
Marketing Max dan Produk
• Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem persamaan perusahaan,yakni:produk,struktur harga,kegiatan promosi,dan sistem distribusi.
• Pengertian Barang
Barang atau produk adalah satu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba,termasuk bungkus,warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya.
• Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
Penggolongan ini menunjukkan berapa kali sebuah barang dapat digunakan,apakah sekali,dua kali atau beberapa kai,atau sekian banyak kali.selain itu ,penggolngan tersebut juga menunjukan konkrit tidaknya suatu barang,sehingga barang-barang dibagi kedalam:
1. barang tahan lama
2. barang tidak tahan lama
3. jasa
• Penggolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
1. barang konsumsi
2. barang industri
• Siklus Kehidupan Barang (product Life Cycle)
Seperti halnya manusia,barang juga memiliki siklus kehidupan/umur yang terdiri atas beberapa tahap sejak barangdiperkenalkan,sampai tidak lagi terdapat di pasaran;ini disebut sebagai siklus kehidupan barang.tahap-tahap siklus kehidupan barang :
1. tahap perkenalan
2. tahap pertumbuhan
3. tahap kedewasaan dan kejenuhan
4. tahap kemunduran
• Merk
Brand/merk adalah satu nama ,istilah simbul,atau disain yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang yang dihasilkan oleh pesaing.
Saluran Pemasaran
• Pengertian Saluran Pemasaran
Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
• Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
• Saluran Distribusi Ganda
Faktor-faktornya adalah:
1. jenis barang yang dipasrkan
2. produsen yang menghasilkan produknya
3. penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. pasar yang dituju
• perantara saluran
• Pedagang besar
• Pengecer
Jenis-jenis pengecer:
1. general marchendise store
2. single-line store
• Agen
Jenis-jenis agen :
1. agen penjualan
2. agen pembelian
3. agen pengangkutan
• jumlah perantara dalam saluran
3 alternatif yang dapat ditempuh oleh produsen :
1. distribusi intensif
2. distribusi selektif
3. distribusi eksklusif
• distribusi fisik
pada pkoknya ,dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah :
1. pengangkutan
2. penyimpanan
Penentuan Harga
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
• Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga
1. keadaan perekonomian
2. penawaran dan permintaan
3. elastisitas permintaan
4. persaingan
5. biaya
6. tujuan perusahaan
7. pengawasan pemerintah
• metode-metode penetapan harga
1. penetapan harga biaya plus(cost-plus pricing method)
2. penetapan harga mark-up (mark-up pricing method)
3. penetapan harga break-even (break even pricing)
• politik penetapan harga
(1)penetapan harga psikhologis,(2)price lining(3)potongan harga(4)penetapan harga geografis
Promosi dan Periklanan
• promosi
salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.
• Periklanan
Adalah komunikasi non-individu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan,lembaga non-laba,serta individu-individu
Personal Selling,Promosi Penjualan,dan Publisitas
• Persunal selling
Adalah interaksi antar individu,saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
• Promosi penjualan
Merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama menggunakan kata promosi.
• Publisitas
Merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.
Kamis, 21 Oktober 2010
PENGANTAR BISNIS MODERN "resume bab 5"
BAB V
DESAIN DAN PERILAKU ORGANISASI
Pengertian Organisasi
• Apakah yang Dimaksud dengan Organisasi ?
Menurut Boone dan Krutz,organisasi didefinisikan sebagai berikut :
Organisasi adalah suau proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Definisi organisasi itu mencakup tiga elemen pokok,yaitu :
1. interaksi manusia
2. kegiatan mengarah pada tujuan
3. struktur
Organisasi Formal Dan Informal
• Organisasi Formal
Organisasi formal merupakan sistem tugas,hubungan wewenang,tanggung jawab,dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan struktur organisasi formal adalah :
1. wewenang
2. tanggung jawab
3. pertanggungjawaban
4. delegasi
5. koordinasi
• Organisasi Informal
Organisasi informal adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.organisasi informal tidak selalu menyebabkan jeleknya pelaksanaan kerja.kadang-kadang justru merupakan cara terbaik untuk memberi informasi yang diperlukan bagi pelaksanaan tugas.
• Sentralisasi VS Desentralisasi
Organisasi yang disentralisasi
Merupakan sebuah sistem yang wewenang serta pengendaliannya dipegang disuatu pusat,biasanya eksekutif puncak.
Kebaikan organisasi disentralisasi : (1)pengendalian lebih efektif dapat dilakukan,(2)jangka pengambilan keputusan pendek,(3)memungkinkan seluruh unit untuk mengikuti suatu rencana yg seragam.
Keburukan organisasi disentralisasi : (beban kerja eksekutif puncak terlalu banyak jika perusahaan berkembang pesat,(2)hanya memberi pengalaman yang sedikit.
Organisasi yang didesentralisasi
Merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi.
Struktur Organisasi dan Penyusunan
Struktur organisasi yang ditentukan dengan baik juga harus mendukung moral karyawan.karyawan yang mengetahui tentang apa yang diharapkan dari pekerjaan,siapa atasannya,dan bagaimana pekerjaan itu cocok dengan struktur organisasi keseluruhan.
• Pembentukan Struktur Organisasi
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari ketiga elemen kunci,yaitu:
1. interaksi kemanusiaan
2. kegiatan yang terarah
3. struktur
hierarki tujuan
berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhan sampai tujuan-tujuan khusus yang ditetapkan untuk masing-masing karyawan.
Departementalisasi
Wewenang dan tanggung jawab
Dalam pendelegasian kegiatan ,manajer memberikan tanggung jawab kepada bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas yang ditugaskannya.
Berapa orang bawahan yan harus ada di bawah seorang manajer ?
Alasan untuk departementalisasi adalah terbatasnya jumlah kegiatan yang dapat dilakukan oleh manajer disamping juga jumlah bawahan yang dapat disupervisi secara efektif.
Menjamin komunikasi yang efektif
Komunikai merupakan tugas yang relatif sederhana bagi organisasi kecil,sering komunikasi itu berupa tatap muka,dan perintah yang kurang jelas dapat diperbaiki dengan pembicaraan secara personal.
Menghindari pertumbuhan organisasi yang tidak perlu
Perencanaan organisasi harus yakin bahwa jenjang manajer baru dan beberapa penasehat teknis sangat diperlukan,atau akan terjadi kenaikan sedikit dalam keluaran produksi atau efisiensi.
• Bentuk-Bentuk Struktur Organisasi
Sebenarnya bentuk struktur organisasi ini bermacam-macam ,tetapi pada pokoknya ada empat yaitu :organisasi garis,organisasi garis dan staf,organisasi fungsional,komite,dan organisasi matrik.
• Organisasi Garis
a.kebaikan organisasi garis
-adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
-pimpinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan,sebab tidak perlu membicarakannya dengan orang lain
-pimpinan akan lebih cepat dalam memberikan perintah
-menghemat biaya
b.keburukan organisasi garis
-sering terdapat borokrasi yang menghambat jalannya perusahaan.
-tidak adanya spesialisasi
-kurangnya kerjasama diantara masing-masing bagian.
• Organisasi Garis dan Staf
Merupakan kombinasi yang diambilkan dari keuntungan-keuntungan adanya peengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan.
a.kebaikan organisasi garis dan staf
-pimpinan lebih leluasa dalamj memberikan saran terhadap tugas khusus diluar bagiannya
-staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan
-staf dapat mendidik para petugas
-adanya kesatuan dalam pimpinan
b.keburukan organisasi garis dan staf
-kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah
-dapat menimbulakan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf daripada atasannya
-staf dapat ikut disalahkan apabila sarang yang diberikan tidak memperoleh hasil.
• Organisasi Fungsional
Dalam organisasi fungsional ,masing-masing manajer adalah seorang spesialis atau ahli dan masing-masing bawahan mempunyai beberapa pimpinan.manajer mempunyai kekuasaan penuh untuk menjalankan fungsi-fungsi yang menjadi tanggung jawabnya.jadi bentuk ini lebih menekankan pada pembagian fungsi.
a.kebaikan organisasi fungsional
-masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
-tugas para manajer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi.
b.keburukan organisasi fungsional
-membingungkan para pekerja
-tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan
-kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi
-kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan diantara manajer
• Organisasi Komite
Komite sering dilakukan untuk mengumpulkan pendapat tentang berbagai kegiatan dalam perusahaan.komite ini dapat dibentuk disemua bagian dalam organisasi ,sehingga sering terdapat beberapa macam komite.
Untuk membentuk komite haruslah memperhatikan syarat-syarat berikut ini :
1. susananya santai dan bersifat informal
2. semua anggota komite ikut ambil bagian dalam membicarakan tugas-tugasnya
3. komite mengetahui tugas yang dibebankan kepadanya
4. masing-masing anggota komite bersedia mendengarkan pendapat anggota lain.keputusan diambil secara konsensus
a.kebaikan komite
-merupakan sebuah forum untuk saling bertukar pendapat diantara beberapa anggota
-menciptakan koordinasi yang lebih baik
-keputusan ditentukan bersama-sama
b.keburukan komite
-keharusan untuk berkompromi
-sering menimbulkna kesimpang-siuran dalam organisasi
-tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran-saran yang diberikan
• Organisasi Matrik
a.kebaikan organisasi matrik
-luwes
-memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah utama yang spesifik
-memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada
b.keburukan organisasi matrik
-beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini,melanggar prinsip kesatuan printah yg tradisional
-manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam menge,bangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian-bagian yang berbeda
-konflik dapat muncul anatara manajer proyek dengan manajer bagian lain
Perilaku Keorganisasian
• Kelompok kerja
Dalam organisasi bisnis,kelompok kerja itu merupakan sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mempunyai pekerjaan serupa dan melihat diri mereka sebagai satu kelompo.
• Motivasi
Motivasi merupakan motif intern yang menyebabkan orang berperilaku seperti yang mereka lakukan.setiap orang mempunyai motif yang berbeda untyuk mengerjakan sesuatu yang sama.
Jenjang kebutuhan karyawan
Kebutuhan-kebutuhan yg belum terpenuhi dapat memotivasi perilaku manusia,sedangkan kebutuhan yang sudah terpenuhi tidak akan dapat lama menjadi motivator.
• Pekerjaan dan Sikap Jabatan
Oleh musselmah dan jackson kepuasan jabatan dipandang sebagai indikator yang bermanfaat bagi manajemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi.kepuasan jabatan telah dikaitkan dengan perputaran dan absentisme dalam angkatan kerja.
• Kepemimpinan
Dalam perusahaan kepemimpinan itu berkaitan dengan pengaraha kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan.ini menjadi bagisn penting dalam memahami perilaku kerja.
DESAIN DAN PERILAKU ORGANISASI
Pengertian Organisasi
• Apakah yang Dimaksud dengan Organisasi ?
Menurut Boone dan Krutz,organisasi didefinisikan sebagai berikut :
Organisasi adalah suau proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Definisi organisasi itu mencakup tiga elemen pokok,yaitu :
1. interaksi manusia
2. kegiatan mengarah pada tujuan
3. struktur
Organisasi Formal Dan Informal
• Organisasi Formal
Organisasi formal merupakan sistem tugas,hubungan wewenang,tanggung jawab,dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan struktur organisasi formal adalah :
1. wewenang
2. tanggung jawab
3. pertanggungjawaban
4. delegasi
5. koordinasi
• Organisasi Informal
Organisasi informal adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.organisasi informal tidak selalu menyebabkan jeleknya pelaksanaan kerja.kadang-kadang justru merupakan cara terbaik untuk memberi informasi yang diperlukan bagi pelaksanaan tugas.
• Sentralisasi VS Desentralisasi
Organisasi yang disentralisasi
Merupakan sebuah sistem yang wewenang serta pengendaliannya dipegang disuatu pusat,biasanya eksekutif puncak.
Kebaikan organisasi disentralisasi : (1)pengendalian lebih efektif dapat dilakukan,(2)jangka pengambilan keputusan pendek,(3)memungkinkan seluruh unit untuk mengikuti suatu rencana yg seragam.
Keburukan organisasi disentralisasi : (beban kerja eksekutif puncak terlalu banyak jika perusahaan berkembang pesat,(2)hanya memberi pengalaman yang sedikit.
Organisasi yang didesentralisasi
Merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi.
Struktur Organisasi dan Penyusunan
Struktur organisasi yang ditentukan dengan baik juga harus mendukung moral karyawan.karyawan yang mengetahui tentang apa yang diharapkan dari pekerjaan,siapa atasannya,dan bagaimana pekerjaan itu cocok dengan struktur organisasi keseluruhan.
• Pembentukan Struktur Organisasi
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari ketiga elemen kunci,yaitu:
1. interaksi kemanusiaan
2. kegiatan yang terarah
3. struktur
hierarki tujuan
berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhan sampai tujuan-tujuan khusus yang ditetapkan untuk masing-masing karyawan.
Departementalisasi
Wewenang dan tanggung jawab
Dalam pendelegasian kegiatan ,manajer memberikan tanggung jawab kepada bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas yang ditugaskannya.
Berapa orang bawahan yan harus ada di bawah seorang manajer ?
Alasan untuk departementalisasi adalah terbatasnya jumlah kegiatan yang dapat dilakukan oleh manajer disamping juga jumlah bawahan yang dapat disupervisi secara efektif.
Menjamin komunikasi yang efektif
Komunikai merupakan tugas yang relatif sederhana bagi organisasi kecil,sering komunikasi itu berupa tatap muka,dan perintah yang kurang jelas dapat diperbaiki dengan pembicaraan secara personal.
Menghindari pertumbuhan organisasi yang tidak perlu
Perencanaan organisasi harus yakin bahwa jenjang manajer baru dan beberapa penasehat teknis sangat diperlukan,atau akan terjadi kenaikan sedikit dalam keluaran produksi atau efisiensi.
• Bentuk-Bentuk Struktur Organisasi
Sebenarnya bentuk struktur organisasi ini bermacam-macam ,tetapi pada pokoknya ada empat yaitu :organisasi garis,organisasi garis dan staf,organisasi fungsional,komite,dan organisasi matrik.
• Organisasi Garis
a.kebaikan organisasi garis
-adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
-pimpinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan,sebab tidak perlu membicarakannya dengan orang lain
-pimpinan akan lebih cepat dalam memberikan perintah
-menghemat biaya
b.keburukan organisasi garis
-sering terdapat borokrasi yang menghambat jalannya perusahaan.
-tidak adanya spesialisasi
-kurangnya kerjasama diantara masing-masing bagian.
• Organisasi Garis dan Staf
Merupakan kombinasi yang diambilkan dari keuntungan-keuntungan adanya peengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan.
a.kebaikan organisasi garis dan staf
-pimpinan lebih leluasa dalamj memberikan saran terhadap tugas khusus diluar bagiannya
-staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan
-staf dapat mendidik para petugas
-adanya kesatuan dalam pimpinan
b.keburukan organisasi garis dan staf
-kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah
-dapat menimbulakan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf daripada atasannya
-staf dapat ikut disalahkan apabila sarang yang diberikan tidak memperoleh hasil.
• Organisasi Fungsional
Dalam organisasi fungsional ,masing-masing manajer adalah seorang spesialis atau ahli dan masing-masing bawahan mempunyai beberapa pimpinan.manajer mempunyai kekuasaan penuh untuk menjalankan fungsi-fungsi yang menjadi tanggung jawabnya.jadi bentuk ini lebih menekankan pada pembagian fungsi.
a.kebaikan organisasi fungsional
-masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
-tugas para manajer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi.
b.keburukan organisasi fungsional
-membingungkan para pekerja
-tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan
-kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi
-kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan diantara manajer
• Organisasi Komite
Komite sering dilakukan untuk mengumpulkan pendapat tentang berbagai kegiatan dalam perusahaan.komite ini dapat dibentuk disemua bagian dalam organisasi ,sehingga sering terdapat beberapa macam komite.
Untuk membentuk komite haruslah memperhatikan syarat-syarat berikut ini :
1. susananya santai dan bersifat informal
2. semua anggota komite ikut ambil bagian dalam membicarakan tugas-tugasnya
3. komite mengetahui tugas yang dibebankan kepadanya
4. masing-masing anggota komite bersedia mendengarkan pendapat anggota lain.keputusan diambil secara konsensus
a.kebaikan komite
-merupakan sebuah forum untuk saling bertukar pendapat diantara beberapa anggota
-menciptakan koordinasi yang lebih baik
-keputusan ditentukan bersama-sama
b.keburukan komite
-keharusan untuk berkompromi
-sering menimbulkna kesimpang-siuran dalam organisasi
-tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran-saran yang diberikan
• Organisasi Matrik
a.kebaikan organisasi matrik
-luwes
-memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah utama yang spesifik
-memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada
b.keburukan organisasi matrik
-beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini,melanggar prinsip kesatuan printah yg tradisional
-manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam menge,bangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian-bagian yang berbeda
-konflik dapat muncul anatara manajer proyek dengan manajer bagian lain
Perilaku Keorganisasian
• Kelompok kerja
Dalam organisasi bisnis,kelompok kerja itu merupakan sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mempunyai pekerjaan serupa dan melihat diri mereka sebagai satu kelompo.
• Motivasi
Motivasi merupakan motif intern yang menyebabkan orang berperilaku seperti yang mereka lakukan.setiap orang mempunyai motif yang berbeda untyuk mengerjakan sesuatu yang sama.
Jenjang kebutuhan karyawan
Kebutuhan-kebutuhan yg belum terpenuhi dapat memotivasi perilaku manusia,sedangkan kebutuhan yang sudah terpenuhi tidak akan dapat lama menjadi motivator.
• Pekerjaan dan Sikap Jabatan
Oleh musselmah dan jackson kepuasan jabatan dipandang sebagai indikator yang bermanfaat bagi manajemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi.kepuasan jabatan telah dikaitkan dengan perputaran dan absentisme dalam angkatan kerja.
• Kepemimpinan
Dalam perusahaan kepemimpinan itu berkaitan dengan pengaraha kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan.ini menjadi bagisn penting dalam memahami perilaku kerja.
Jumat, 15 Oktober 2010
PENGANTAR BISNIS MODERN "resume bab 4"
BAB IV
MANAJEMEN UMUM
Pengertian Manajemen
• Arti Dan Fungsi Manajemen
Definisi manajemen yang diberikan oleh Profesor Oei Liang Lee,yitu :
Manajemen adalah ilmu dari seni merencanakan,mengorganisasi,mengarahkan,mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5 fungsi manajemen ,yaitu:
1.perencanaan
2.pengorganisasian
3.pengarahan
4.pengkoordinasian
5.pengawasan
Setiap kegiatan yang dilakukan olehsesorang atau sebuah lembagatentu mempunyai tujuan,dan untuk mencapai tuun tersebut perlu dibuat perencanaan,yaitu menggambarkan tentang:
-apa
-bagaimana
-mengapa,dan
-kapan akan dilakukan
Jadi untuk mencapai tujuan harus ada kegiatan,dimana kegiatan-kegiatan yang sama disatukan didalam suatu wadah yang disebut fungsi
• Jenjang Manajemen
Perusahaan besar biasanya mempunyai tiga jenjang manajemen,yaitu :
a. manajemen puncak
jenjang tertinggi adalah manajemen puncak,ini bertugas untuk menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil keputusan penting tentang hal-hal seperti produk baru pengeluaran saham dll.
b. manajemen madya
atau yang sering disebut piramida manajemen ini mempunyai tugas dalam penyusunan rencana operasi yang melaksanakan rencana umum dari manajer pusat.
c. manajemen oprasional
sering disebut supervisor,ini merupakan jenjang terendah,tugasnya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh para manajer madya.
Latar Belakang Sejarah Manajemen
• Gerakan Manajemen Ilmiah
Prinsip-prinsip manajemen ilmiah itu adalah :
Prinsip 1 : semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu cara
Terbaik untuk menyelesaikannya.
Prinsip 2 : orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara
Ilmiah
Prinsip 3 : kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggai
pemegang jabatan dengan cara intensif.
Prinsip 4 : menempatkan manajer dalam perencanaan,persiapan dan pemeriksaan
pekerjaan
Sekolah-Sekolah Tentang Pemikiran Manajemen
Dari beberapa sekolah tentang pemikiran menejemen yang muncul,kita akan membahas lima,yaitu :
• Sekolah klasik(classical school)
Sekolah klasik telah memberikan saran tentang fungsi-fungsi manajemen primer yaitu,perncanaan,pengorganisasian,pengarahan dll.
• Sekolah perilaku(behavioral scool)
Telah menjadi populer dalam tahun 1950an.sekolah ini memusatkan perhatian kepada aspek kemanusian dari manajemen dan menekankan kebutuhan bagi para manajer untuk memahami manusia.
• Sekolah ilmu manajemen (management science school)
Ilmu manajemen merupakan suatu pendekatan kuantitatif yang memberikan alat untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis.adanya computer memungkinkan untuk mempelajari masalah-masalah yang sebelumnya terlalu kompleks untuk diselesaikan.
• Analisis system
System adalah suatu unit untuk dibentuk dari dua atau lebih bagian-bagian independent yang berinteraksi untuk membentuk sebuah organisasi.
• Manajemen hasil
MBO adalah suatu program untuk meningkatkan motivasi dan pengendalian karyawan.disamping itu program tersebut dapat meningkatkan komunikasi antara bawahan dan atasan.namun kekurangannya adalah:
-MBO sulit untuk menentukan tujuan yang tepat
-hanya akan sukses jika semua pihak berpartisipasi
-MBO seharusnya tidak dijadikan sebagai suatu penyelesaian untuk semua
masalah manajemen
-tujun-tujun itu seharusnya layak dan mudah diukur
Peencanaan
Perencanaan merupakan fungsi terpenting diantara semua fungsi manajemen yang ada.adapun sifat-sifatyang lain dari fungsi perencanaan adalah sumbangan terhadap tujuan serta efesiensi dari rencana itu sendiri.
• Bentuk-bentuk perencanaan
Perencanaan ditetapkan sekarang dan dilaksanakan serta digunakan untuk waktu yang akan datang.bentuk-bentuk perencanaan:
a.tujuan
tujuan merupakan suatu sasaran dimana kegiatan itudiarahkan dan diusahakan untuk sedapat mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu.
b.kebijakan
adalah suatu pernyataan atau pengertian untuk menyalurkan pikiran dalam mengambil keputusanterhadap tindakan untuk mencapai tujuan tertentu
c.strategi
merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat.
d.prosedur
merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang
e.aturan
adalah sesuatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur
f.program
merupakan campuran antara kebijakan prosedur,aturan dan pemberian tugas.
• Kegunaan perencanaan
Kegunaan perencanan adalah :
a. mengurangi ketidak pastian serta perubahan pada waktu mendatang
b. mengarahkan perhatian pada tujuan
c. memperingan biaya
d. merupakan sarana untuk mewujudkan pengawasan
• Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan
a.menetapkan tujuan
tujuan menggambarkan tentang apa yang diharapkan dapat tercapai
b. menyusun Anggapan-anggapan
anggapan yang dicari adalah anggapan 6yang diperkirakan dapat memberikan pengaruh terhadap suatu rencana.
c.menentukan berbagai alternatif tindakan
agar tujuan tercapai sebaiknya yang sesuai saja.
d.mengadakan penilaian terhadap alternatif-alternatif tindakan yang sudahdi pilih
dalam lagkah keempat ini dilakukan usaha untuk mencari alternatif mana yang akan memberikan hasil maksimal.
e. mengambil keoutusan
masalah pengambilan keputusan ini akan dibahas lebih lanjut pada butir yang lain.
f.menyusun rencana pendukung
• Perencanaan Merupakan Proses Pendekatan Yang Rasional
dengan berbagai macam langkah yang telah dilakukan untuk menyusun suatu perencanaan,dapatlah dikatakan bahwa perencanaan merupakan suatu proses pendekatan yang rasional untuk waktu yang akan datang
• Jangka Waktu Perencanaan
menurut jangka waktunya,perencanaan dapat dikelompokan menjadi tiga golongan,yaitu:
a.perencanaan jangka panjang
b.perencanaan jangka menengah
c.perencanaan jangka pendek
• Faktor-faktor yang Membatasi Perencanaan
a.sulitnya mencari anggapan secara teliti
b.perubahan yang sangat cepat
c.kekakuan internal
berasal dari dalam organisasi,yaitu:
-kekakuan pshikologis
-kekakuan karena adanya prosedur dan kebijakan
-kekakuan sember daya dan dana
-kekakuan eksternal
-waktu dan biaya
• Pngambilan Keputusan
a.syarat pengambilan keputusan
-harus berusaha ntuk dapat mencapai suatu tujuan yang tidak terpenuhi tanpa
melalui tindakan yang posotif
-harus mengetahui dengan jelas tujun-tujuan
-harus mempunyai kemampuan untuk menganalisis
-harus bersikap optimis dan mempunyai kemauan yang kuat
b.alat pengambilan keputusan
alat-alat pengambilan keputusan,yaitu :
-operation research
-teori probabilitas
-linear programing
Alat-alat pengambilan keputusan pada keadaan yang tidak pasti,yaitu:
-analisa resiko
-pohon keputusan
Pengorganisasian
• pengertian
merupakan usaha untuk menyusun komponen-komponen pokok sedemikin rupa,sehingga dapat dipakai sebagai sarana untuk mencapai tujuan.hubungan-hubungan yang timbul didalam organisasi dapat berbentuk :
a.hubungan informal
b.hubungan formal,terdapat 3 hubungan dasar yaitu:
-tanggung jawab
-wewenang
-pertanggungjawaban
• pola hubungan antara komponen organisasi
antara tujuan,fungsi,tanggung jawab,wewenang serta pertanggungjawaban mempunyai hubungan yang erat,dan berkaitan satu dengan yang lainnya.
• Rentangan kekuasaan
Hubungan antara pimpinan dengan bawahan dipengaruhi oleh faktor :
a.latihan dari bawahan
b.pendelegasian wewenang
c.perencanaan
d.teknik komunikasi
• Dasar-dasar penggolongan bagian didalam organisasi
Pengelompokan menjadi bagian-bagian didalam sebuah oraganisasi dapat didasarkan pada beberapa faktor berikut ini:
a.didasarkan pada suatu angka
b.didasarkan pada waktu
c.didasarkan pada fungsi perusahaan
d.didasarkan pada luas daerah operasi
e.didasarkan pada jenis barang yang dihasilkan
f.didasarkan pada jenis langganan
• Karakteristik struktur organisasi
Setiap struktur organisasi yang baik harus memiliki dua kerakteristik dasar,yaitu :
a.keseimbangan dalam organisasi
b.fleksibel
Pengarahan
• Prinsip-prinsip pengarahan
Pengarahan merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan.pengarahan yang diarahkan oleh pimpinan harus berpegangan pada beberapa prinsip,yaitu :
a.prinsip mengarah kepada tujuan
b.prinsip keharmonisan dengan tujuan
c.tujuan kesatuan komando
• Cara-cara pengarahan
a.orientasi
b.perintah
c.delegasi wewenang
• Komunikasi
Kesimpulan dari beberapa definisi komunikasi adalah:
a.didalam komunikasi terdapat hubungan antara orangdengan orang,orang dengan
lembaga dan sebaliknya.
b.hubungan yg timbul didalam komunikasi digunakan untk menyalurkan gagasan
c.berguna untuk menciptakan hubungan yang serasi
d.dapat digunakan kata-kata kode atau simbol.
• Motivasi
Pengkoordinasian
• Prinsip-prinsip koordinasi
a.prinsip kontak langsung
b.prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
c.hubungan timbal balik diantara faktor-faktor yang ada
• Pelaksanaan fungsi koordinasi
Pelaksanaan fungsi koordinasi,manajer dapat menempuh dua cara,yaitu:
a.menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untukmemberikan
fasilitas bagi terlaksananya koordinasi
b.memastikan apakah masing-masing individu sudah mengetahui prinsip-prinsip
koordinasi
Pengawasan
• Penertian
Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilaksanakan dalam manajemen.dengan pengawasan dapat diketahui tentang hasil yang telah dicapai.
• Langkah-langkah pengawasan
a.menciptakan standard
b.membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standard
c.melakukan tindakan koreksi
• Syarat-syarat pengawasan yang baik
a.pengawasan harus mendukung sifat dan kebutuhan dan kegiatan
b.pengawasan harus melaporkan setiap penyimpangan
c.pengawasan harus mempunyai pandangan kedepan,dll
MANAJEMEN UMUM
Pengertian Manajemen
• Arti Dan Fungsi Manajemen
Definisi manajemen yang diberikan oleh Profesor Oei Liang Lee,yitu :
Manajemen adalah ilmu dari seni merencanakan,mengorganisasi,mengarahkan,mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5 fungsi manajemen ,yaitu:
1.perencanaan
2.pengorganisasian
3.pengarahan
4.pengkoordinasian
5.pengawasan
Setiap kegiatan yang dilakukan olehsesorang atau sebuah lembagatentu mempunyai tujuan,dan untuk mencapai tuun tersebut perlu dibuat perencanaan,yaitu menggambarkan tentang:
-apa
-bagaimana
-mengapa,dan
-kapan akan dilakukan
Jadi untuk mencapai tujuan harus ada kegiatan,dimana kegiatan-kegiatan yang sama disatukan didalam suatu wadah yang disebut fungsi
• Jenjang Manajemen
Perusahaan besar biasanya mempunyai tiga jenjang manajemen,yaitu :
a. manajemen puncak
jenjang tertinggi adalah manajemen puncak,ini bertugas untuk menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil keputusan penting tentang hal-hal seperti produk baru pengeluaran saham dll.
b. manajemen madya
atau yang sering disebut piramida manajemen ini mempunyai tugas dalam penyusunan rencana operasi yang melaksanakan rencana umum dari manajer pusat.
c. manajemen oprasional
sering disebut supervisor,ini merupakan jenjang terendah,tugasnya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh para manajer madya.
Latar Belakang Sejarah Manajemen
• Gerakan Manajemen Ilmiah
Prinsip-prinsip manajemen ilmiah itu adalah :
Prinsip 1 : semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu cara
Terbaik untuk menyelesaikannya.
Prinsip 2 : orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara
Ilmiah
Prinsip 3 : kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggai
pemegang jabatan dengan cara intensif.
Prinsip 4 : menempatkan manajer dalam perencanaan,persiapan dan pemeriksaan
pekerjaan
Sekolah-Sekolah Tentang Pemikiran Manajemen
Dari beberapa sekolah tentang pemikiran menejemen yang muncul,kita akan membahas lima,yaitu :
• Sekolah klasik(classical school)
Sekolah klasik telah memberikan saran tentang fungsi-fungsi manajemen primer yaitu,perncanaan,pengorganisasian,pengarahan dll.
• Sekolah perilaku(behavioral scool)
Telah menjadi populer dalam tahun 1950an.sekolah ini memusatkan perhatian kepada aspek kemanusian dari manajemen dan menekankan kebutuhan bagi para manajer untuk memahami manusia.
• Sekolah ilmu manajemen (management science school)
Ilmu manajemen merupakan suatu pendekatan kuantitatif yang memberikan alat untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis.adanya computer memungkinkan untuk mempelajari masalah-masalah yang sebelumnya terlalu kompleks untuk diselesaikan.
• Analisis system
System adalah suatu unit untuk dibentuk dari dua atau lebih bagian-bagian independent yang berinteraksi untuk membentuk sebuah organisasi.
• Manajemen hasil
MBO adalah suatu program untuk meningkatkan motivasi dan pengendalian karyawan.disamping itu program tersebut dapat meningkatkan komunikasi antara bawahan dan atasan.namun kekurangannya adalah:
-MBO sulit untuk menentukan tujuan yang tepat
-hanya akan sukses jika semua pihak berpartisipasi
-MBO seharusnya tidak dijadikan sebagai suatu penyelesaian untuk semua
masalah manajemen
-tujun-tujun itu seharusnya layak dan mudah diukur
Peencanaan
Perencanaan merupakan fungsi terpenting diantara semua fungsi manajemen yang ada.adapun sifat-sifatyang lain dari fungsi perencanaan adalah sumbangan terhadap tujuan serta efesiensi dari rencana itu sendiri.
• Bentuk-bentuk perencanaan
Perencanaan ditetapkan sekarang dan dilaksanakan serta digunakan untuk waktu yang akan datang.bentuk-bentuk perencanaan:
a.tujuan
tujuan merupakan suatu sasaran dimana kegiatan itudiarahkan dan diusahakan untuk sedapat mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu.
b.kebijakan
adalah suatu pernyataan atau pengertian untuk menyalurkan pikiran dalam mengambil keputusanterhadap tindakan untuk mencapai tujuan tertentu
c.strategi
merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat.
d.prosedur
merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang
e.aturan
adalah sesuatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur
f.program
merupakan campuran antara kebijakan prosedur,aturan dan pemberian tugas.
• Kegunaan perencanaan
Kegunaan perencanan adalah :
a. mengurangi ketidak pastian serta perubahan pada waktu mendatang
b. mengarahkan perhatian pada tujuan
c. memperingan biaya
d. merupakan sarana untuk mewujudkan pengawasan
• Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan
a.menetapkan tujuan
tujuan menggambarkan tentang apa yang diharapkan dapat tercapai
b. menyusun Anggapan-anggapan
anggapan yang dicari adalah anggapan 6yang diperkirakan dapat memberikan pengaruh terhadap suatu rencana.
c.menentukan berbagai alternatif tindakan
agar tujuan tercapai sebaiknya yang sesuai saja.
d.mengadakan penilaian terhadap alternatif-alternatif tindakan yang sudahdi pilih
dalam lagkah keempat ini dilakukan usaha untuk mencari alternatif mana yang akan memberikan hasil maksimal.
e. mengambil keoutusan
masalah pengambilan keputusan ini akan dibahas lebih lanjut pada butir yang lain.
f.menyusun rencana pendukung
• Perencanaan Merupakan Proses Pendekatan Yang Rasional
dengan berbagai macam langkah yang telah dilakukan untuk menyusun suatu perencanaan,dapatlah dikatakan bahwa perencanaan merupakan suatu proses pendekatan yang rasional untuk waktu yang akan datang
• Jangka Waktu Perencanaan
menurut jangka waktunya,perencanaan dapat dikelompokan menjadi tiga golongan,yaitu:
a.perencanaan jangka panjang
b.perencanaan jangka menengah
c.perencanaan jangka pendek
• Faktor-faktor yang Membatasi Perencanaan
a.sulitnya mencari anggapan secara teliti
b.perubahan yang sangat cepat
c.kekakuan internal
berasal dari dalam organisasi,yaitu:
-kekakuan pshikologis
-kekakuan karena adanya prosedur dan kebijakan
-kekakuan sember daya dan dana
-kekakuan eksternal
-waktu dan biaya
• Pngambilan Keputusan
a.syarat pengambilan keputusan
-harus berusaha ntuk dapat mencapai suatu tujuan yang tidak terpenuhi tanpa
melalui tindakan yang posotif
-harus mengetahui dengan jelas tujun-tujuan
-harus mempunyai kemampuan untuk menganalisis
-harus bersikap optimis dan mempunyai kemauan yang kuat
b.alat pengambilan keputusan
alat-alat pengambilan keputusan,yaitu :
-operation research
-teori probabilitas
-linear programing
Alat-alat pengambilan keputusan pada keadaan yang tidak pasti,yaitu:
-analisa resiko
-pohon keputusan
Pengorganisasian
• pengertian
merupakan usaha untuk menyusun komponen-komponen pokok sedemikin rupa,sehingga dapat dipakai sebagai sarana untuk mencapai tujuan.hubungan-hubungan yang timbul didalam organisasi dapat berbentuk :
a.hubungan informal
b.hubungan formal,terdapat 3 hubungan dasar yaitu:
-tanggung jawab
-wewenang
-pertanggungjawaban
• pola hubungan antara komponen organisasi
antara tujuan,fungsi,tanggung jawab,wewenang serta pertanggungjawaban mempunyai hubungan yang erat,dan berkaitan satu dengan yang lainnya.
• Rentangan kekuasaan
Hubungan antara pimpinan dengan bawahan dipengaruhi oleh faktor :
a.latihan dari bawahan
b.pendelegasian wewenang
c.perencanaan
d.teknik komunikasi
• Dasar-dasar penggolongan bagian didalam organisasi
Pengelompokan menjadi bagian-bagian didalam sebuah oraganisasi dapat didasarkan pada beberapa faktor berikut ini:
a.didasarkan pada suatu angka
b.didasarkan pada waktu
c.didasarkan pada fungsi perusahaan
d.didasarkan pada luas daerah operasi
e.didasarkan pada jenis barang yang dihasilkan
f.didasarkan pada jenis langganan
• Karakteristik struktur organisasi
Setiap struktur organisasi yang baik harus memiliki dua kerakteristik dasar,yaitu :
a.keseimbangan dalam organisasi
b.fleksibel
Pengarahan
• Prinsip-prinsip pengarahan
Pengarahan merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan.pengarahan yang diarahkan oleh pimpinan harus berpegangan pada beberapa prinsip,yaitu :
a.prinsip mengarah kepada tujuan
b.prinsip keharmonisan dengan tujuan
c.tujuan kesatuan komando
• Cara-cara pengarahan
a.orientasi
b.perintah
c.delegasi wewenang
• Komunikasi
Kesimpulan dari beberapa definisi komunikasi adalah:
a.didalam komunikasi terdapat hubungan antara orangdengan orang,orang dengan
lembaga dan sebaliknya.
b.hubungan yg timbul didalam komunikasi digunakan untk menyalurkan gagasan
c.berguna untuk menciptakan hubungan yang serasi
d.dapat digunakan kata-kata kode atau simbol.
• Motivasi
Pengkoordinasian
• Prinsip-prinsip koordinasi
a.prinsip kontak langsung
b.prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
c.hubungan timbal balik diantara faktor-faktor yang ada
• Pelaksanaan fungsi koordinasi
Pelaksanaan fungsi koordinasi,manajer dapat menempuh dua cara,yaitu:
a.menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untukmemberikan
fasilitas bagi terlaksananya koordinasi
b.memastikan apakah masing-masing individu sudah mengetahui prinsip-prinsip
koordinasi
Pengawasan
• Penertian
Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilaksanakan dalam manajemen.dengan pengawasan dapat diketahui tentang hasil yang telah dicapai.
• Langkah-langkah pengawasan
a.menciptakan standard
b.membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standard
c.melakukan tindakan koreksi
• Syarat-syarat pengawasan yang baik
a.pengawasan harus mendukung sifat dan kebutuhan dan kegiatan
b.pengawasan harus melaporkan setiap penyimpangan
c.pengawasan harus mempunyai pandangan kedepan,dll
Sabtu, 09 Oktober 2010
PENGANTAR BISNIS MODERN "resume bab 2"
BAB II
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan
Penentuan seberapa jauh perusahaan harus mengarah kepada tujuan-tujuan sosial yang mungkin dapat bertentangan dengan tujuan-yujuan sosial yang mungkin dapat bertentangan dengan tujuan-tujuan ekonomi,jelas dapat menimbulkan dilema.tanggung jawab sosial mencakup hal-hal seperti bidang kesehatan,informasi konsumen,praktek tanpa diskriminasi,dan pemeliharaan lingkungan fisik
• Pengertian Lingkungan Perusahaan
Ini diartikan sebagai keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya
Perusahaan dalam masyarakat yang Pluraristik
Perusahaan sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dean jasa yang ditawarkandan sikap masyarakat sangat berpengaruh terhadap cara serta pelayanan perusahaan tersebut.
Kesan Negatif Terhadap Perusahaan
Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti,banyak masalah yang menciptakan kesan negatif terhadap perusahaan,antara lain menyankut penyelewengan pajak,penyelundupan barang dan lain-lain
Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaiki kesan negatif terhadap perusahaan,perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negatif.
Lingkungan Fisik,Energi dan Konservasi
Dari berbagai masalah ekonomi dan sosial,salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.
• Ekologi
Adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dan lingkungannya.
• Macam-macam Polusi
Merupakan pengrusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja
1. pencemaran udara
polusi udara ini menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan.
2. pencemaran air
pencemaran air dapat berasal dari berbagai sumber,seperti lingkungan industri,permukiman,dan lingkungan pertanian.
3. pencemaran sampah awet
sampah awet seperti kaleng,pelastik,botol,karet,dan lain-lain sesungguhnya sulit untuk di daur ulang.sehingga menimbulkan penimbunan
• Energi dan konservasi
Dari sumber energi kiranya energi mataharidapat memberikan prospek penggunaan yang baik dimasa depan meningkat bahaya yang hampir tidak ada, biyanya murah dan bebas polusi. Sebagian besar penggunaan energi di dunia saat ini masih bergantung pada minyak dan gas.
Lingkungan Perekonomian Dan Perpajakan
• Alasan-alasan bagi meningkatnya pengeluaran pemerinta
Meningkatnya pengeluaran pemerintah merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi
• Pemerintah dan pengeluaran pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari pada penghasilannya,maka akan terjadi defisit.untuk menutupi defisit biasanya meminjam kepada bank,dan ini disebut utang negara.pajak yg dikenakan pemerintah:
1. pajak tidak langsung
2. pajak langsung
Lingkungan Hukum
Hukum yang ada di indonesia dapat dikelompokan kedalam :
• Hukum publik
Aturan-aturan hukum publik antara lain:hukum tata negara,hukum tatausaha,dan hukum pidana
• Hukum privat
Yang termasuk kedalam hukum privat adalah:hukum perdata dan hukum dagang
Lingkumgan Pemerintah
Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk,antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten,serta pengadaan kontrak-kontrak.
• Perhatian pemerintah terhadap kegiatan usaha
Keuntungan-keuntungan ekonomi juga merupakan alasan bagi pemerintah untuk memberikan bantuan,dismping alasan keamanan dan alsan lain.
1. bantuan di bidang transportasi
bantuan pemerintah dibidang transportasi,seperti:PELNI,GIA,DAMRI
2. bantuan pada perusahaan kecil
3 golongan bantuan pemerintah kepada perusahaan kecil:
-bantuan finansial
-bantuan pemberian kontrak
-bantuan teknik dan manajemen
3. bantuan dibidang komunikasi
Yang meliputi kegiatan siaran radio,televisi telepon dan sebagainya.
Lingkungan Internasional
Ini merupakan konsep keseluruhan yang luas meliputi kagiatan dan masalah perekonomian dunia.
• Neraca pembayaran internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa negara ditunjukan dalam neraca pembayaran.dengan diadakannya perdagangan internasional,akhirnya masing-masing negara mengkonsumsikan sesuatu lebiah besar daripada apa yang telah diproduksinya.
• Perusahaan-perusahaan multinasional(multinational corporation)
Kebanyak berasal Negara-negar Eropa,Amerika,Jepang.pasar yang dikuasainya meliputi beberapa Negara selain negaranya sendiri.,perusahaan-perusahaan itu seperti:toyota,coca cola,ford,dan lain-lain
• Kegiatan-kegiatan multinational
Bartujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya kesatu Negara saja,tetapi juga ke Negara-negara lain.kemudian mendirikan perusahaan dinegara kedua untuk melayani kebutuhannya disamping Negara ketiga yang ada sekitarnya.
• Ciri-ciri perusahaan multinasional
Definisi PBB pada tahun 1973 perusahaan meltinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara.dengan definisi ini maka perusahaan multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu.
• Kebaikan dan keburukan perusahaan multinasional
a.kebaikan perusahaan multinasional
-menambah devisa Negara melalui penanaman modal di bidang ekspor
-mengurangi kebutuhan devisa
-menambah pendapatan negara berupa pajak
-menambah kesempatan kerja
-meningkatkan taraf hidup karyawan
-meningkatkan kemampuan dan keterampilan
-memodernisir industri
-menambah arus barang
-memperluas pasar faktor-faktor produksi dalam negeri
-ikut mendukung pembangunan nasional
b.keburukan perusahaan multinasional
-makin banyaknya perusahaan multinasional yg didirikan dapat
mempengaruhi kekuasaan ekonomi
-perusahaan-perusahaan multinasional tersebut memperoleh hasil berupa:
1.keuntungan yg akan dialihkan keluar negeri,ke pemilik saham
2.depresiasi,sering digunakan untuk mnyembunyikan keuntungan
Agar tidak terkena pajak
3.pemerintah harus menyediakan fasilitasnya untuk kebutuhan barang
-dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara.
-mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dengan memperbesar modal
• Lembaga-lembaga yang membantu perdagangan internasional
a. export and import commission house
export commission house menerima pesanan dari pembeli diluar negeri
sedangkan import commission house melakukan hal yangsama untuk pembeli
dalam negeri
b. merchant exporters and importers
memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dlm perdagangan,bukan komisi
c. manufacturer’s export agents
bertindak sebagai departement/bagian eksport dari sebuah perusahaan/kelom-
pok perusahaan
d.export and import brokers
broker/makelar dalam kegiatan ekspor-impor berusaha mempertemukan pem-
beli dan penjual bersama-sama.
• Perkembangan impor dan ekspor Indonesia
Setiap tahun sejak 1969 keadaan ekspor indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dolartetapi mulai 1981/1982keadaan ekspor mengalami fuktulasi.
Barang-barang yang termasuk kategori bukan minyak dikelompokan lagi menjadi:
a.barang utama:kayu,karet,timah,minyak,kopi,teh,tembakau,dll
b.barang lain:hewan beserta hasilnya,lada,kopra,bahan makanan,dll
impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan
yaitu:
a.barang konsumsi:beras,tepung,tekstil danlain sebagainya
b.barang baku dan penolong:cengkeh,pupuk,kertas,bahan kimia,dll
c.barang modal:mesin-mesin,generator,alat telekomunikasi dll
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan
Penentuan seberapa jauh perusahaan harus mengarah kepada tujuan-tujuan sosial yang mungkin dapat bertentangan dengan tujuan-yujuan sosial yang mungkin dapat bertentangan dengan tujuan-tujuan ekonomi,jelas dapat menimbulkan dilema.tanggung jawab sosial mencakup hal-hal seperti bidang kesehatan,informasi konsumen,praktek tanpa diskriminasi,dan pemeliharaan lingkungan fisik
• Pengertian Lingkungan Perusahaan
Ini diartikan sebagai keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya
Perusahaan dalam masyarakat yang Pluraristik
Perusahaan sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dean jasa yang ditawarkandan sikap masyarakat sangat berpengaruh terhadap cara serta pelayanan perusahaan tersebut.
Kesan Negatif Terhadap Perusahaan
Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti,banyak masalah yang menciptakan kesan negatif terhadap perusahaan,antara lain menyankut penyelewengan pajak,penyelundupan barang dan lain-lain
Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaiki kesan negatif terhadap perusahaan,perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negatif.
Lingkungan Fisik,Energi dan Konservasi
Dari berbagai masalah ekonomi dan sosial,salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.
• Ekologi
Adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dan lingkungannya.
• Macam-macam Polusi
Merupakan pengrusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja
1. pencemaran udara
polusi udara ini menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan.
2. pencemaran air
pencemaran air dapat berasal dari berbagai sumber,seperti lingkungan industri,permukiman,dan lingkungan pertanian.
3. pencemaran sampah awet
sampah awet seperti kaleng,pelastik,botol,karet,dan lain-lain sesungguhnya sulit untuk di daur ulang.sehingga menimbulkan penimbunan
• Energi dan konservasi
Dari sumber energi kiranya energi mataharidapat memberikan prospek penggunaan yang baik dimasa depan meningkat bahaya yang hampir tidak ada, biyanya murah dan bebas polusi. Sebagian besar penggunaan energi di dunia saat ini masih bergantung pada minyak dan gas.
Lingkungan Perekonomian Dan Perpajakan
• Alasan-alasan bagi meningkatnya pengeluaran pemerinta
Meningkatnya pengeluaran pemerintah merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi
• Pemerintah dan pengeluaran pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari pada penghasilannya,maka akan terjadi defisit.untuk menutupi defisit biasanya meminjam kepada bank,dan ini disebut utang negara.pajak yg dikenakan pemerintah:
1. pajak tidak langsung
2. pajak langsung
Lingkungan Hukum
Hukum yang ada di indonesia dapat dikelompokan kedalam :
• Hukum publik
Aturan-aturan hukum publik antara lain:hukum tata negara,hukum tatausaha,dan hukum pidana
• Hukum privat
Yang termasuk kedalam hukum privat adalah:hukum perdata dan hukum dagang
Lingkumgan Pemerintah
Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk,antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten,serta pengadaan kontrak-kontrak.
• Perhatian pemerintah terhadap kegiatan usaha
Keuntungan-keuntungan ekonomi juga merupakan alasan bagi pemerintah untuk memberikan bantuan,dismping alasan keamanan dan alsan lain.
1. bantuan di bidang transportasi
bantuan pemerintah dibidang transportasi,seperti:PELNI,GIA,DAMRI
2. bantuan pada perusahaan kecil
3 golongan bantuan pemerintah kepada perusahaan kecil:
-bantuan finansial
-bantuan pemberian kontrak
-bantuan teknik dan manajemen
3. bantuan dibidang komunikasi
Yang meliputi kegiatan siaran radio,televisi telepon dan sebagainya.
Lingkungan Internasional
Ini merupakan konsep keseluruhan yang luas meliputi kagiatan dan masalah perekonomian dunia.
• Neraca pembayaran internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa negara ditunjukan dalam neraca pembayaran.dengan diadakannya perdagangan internasional,akhirnya masing-masing negara mengkonsumsikan sesuatu lebiah besar daripada apa yang telah diproduksinya.
• Perusahaan-perusahaan multinasional(multinational corporation)
Kebanyak berasal Negara-negar Eropa,Amerika,Jepang.pasar yang dikuasainya meliputi beberapa Negara selain negaranya sendiri.,perusahaan-perusahaan itu seperti:toyota,coca cola,ford,dan lain-lain
• Kegiatan-kegiatan multinational
Bartujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya kesatu Negara saja,tetapi juga ke Negara-negara lain.kemudian mendirikan perusahaan dinegara kedua untuk melayani kebutuhannya disamping Negara ketiga yang ada sekitarnya.
• Ciri-ciri perusahaan multinasional
Definisi PBB pada tahun 1973 perusahaan meltinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara.dengan definisi ini maka perusahaan multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu.
• Kebaikan dan keburukan perusahaan multinasional
a.kebaikan perusahaan multinasional
-menambah devisa Negara melalui penanaman modal di bidang ekspor
-mengurangi kebutuhan devisa
-menambah pendapatan negara berupa pajak
-menambah kesempatan kerja
-meningkatkan taraf hidup karyawan
-meningkatkan kemampuan dan keterampilan
-memodernisir industri
-menambah arus barang
-memperluas pasar faktor-faktor produksi dalam negeri
-ikut mendukung pembangunan nasional
b.keburukan perusahaan multinasional
-makin banyaknya perusahaan multinasional yg didirikan dapat
mempengaruhi kekuasaan ekonomi
-perusahaan-perusahaan multinasional tersebut memperoleh hasil berupa:
1.keuntungan yg akan dialihkan keluar negeri,ke pemilik saham
2.depresiasi,sering digunakan untuk mnyembunyikan keuntungan
Agar tidak terkena pajak
3.pemerintah harus menyediakan fasilitasnya untuk kebutuhan barang
-dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara.
-mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dengan memperbesar modal
• Lembaga-lembaga yang membantu perdagangan internasional
a. export and import commission house
export commission house menerima pesanan dari pembeli diluar negeri
sedangkan import commission house melakukan hal yangsama untuk pembeli
dalam negeri
b. merchant exporters and importers
memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dlm perdagangan,bukan komisi
c. manufacturer’s export agents
bertindak sebagai departement/bagian eksport dari sebuah perusahaan/kelom-
pok perusahaan
d.export and import brokers
broker/makelar dalam kegiatan ekspor-impor berusaha mempertemukan pem-
beli dan penjual bersama-sama.
• Perkembangan impor dan ekspor Indonesia
Setiap tahun sejak 1969 keadaan ekspor indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dolartetapi mulai 1981/1982keadaan ekspor mengalami fuktulasi.
Barang-barang yang termasuk kategori bukan minyak dikelompokan lagi menjadi:
a.barang utama:kayu,karet,timah,minyak,kopi,teh,tembakau,dll
b.barang lain:hewan beserta hasilnya,lada,kopra,bahan makanan,dll
impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan
yaitu:
a.barang konsumsi:beras,tepung,tekstil danlain sebagainya
b.barang baku dan penolong:cengkeh,pupuk,kertas,bahan kimia,dll
c.barang modal:mesin-mesin,generator,alat telekomunikasi dll
Minggu, 03 Oktober 2010
Pemanfaatan Komputer Dalam Bidang Industri
(tugas pengantar computer &it 1a)
Computer,sebuah alat elektronik yang kini sedang banyak digunakan oleh setiap orang,setiap orang memebutuhkan computer untuk,mencari informasi,mengolah data,membantu pekerjaan sulit,dan lain sebagainya,pada jaman globalisasi saat ini computer sangat jelas dibutuhkan dalam beberapa bidang.
Manfaat computer sangat banyak contohnya pada bidang pendidikan,bidang kesehatan,bidang bisnis,bidang industri dan lain sebagainya.komputer dapat mempermudah pengerjaannya dalam bebereapa bidang tersebut
Pada bidang industri,Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.
Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi
Computer,sebuah alat elektronik yang kini sedang banyak digunakan oleh setiap orang,setiap orang memebutuhkan computer untuk,mencari informasi,mengolah data,membantu pekerjaan sulit,dan lain sebagainya,pada jaman globalisasi saat ini computer sangat jelas dibutuhkan dalam beberapa bidang.
Manfaat computer sangat banyak contohnya pada bidang pendidikan,bidang kesehatan,bidang bisnis,bidang industri dan lain sebagainya.komputer dapat mempermudah pengerjaannya dalam bebereapa bidang tersebut
Pada bidang industri,Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.
Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi
Jumat, 01 Oktober 2010
Dunia Terancam Krisis Ekonomi Terhebat
Krisis finansial global yang melanda di 2008 lalu cukup menghempaskan perekonomian dunia dinilai masih baru hanya permulaan saja. Diprediksi pada kuartal keempat akhir tahun ini sampai dengan 2011-2012 akan ada krisis lanjutan yang lebih parah dari krisis di 2008.
“Recovery yang selama ini berjalan hanya bersifat semu saja. Dan kita akan masuk resesi lagi dan bahkan depresi. Jadi 2008 hingga 2009 itu hanya pemanasan saja. The real show akan ada di akhir 2010 dan akan tegang di 2011-2012,” ujar Wakil Presiden dan Analis PT Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere saat ditemui wartawan di kantornya, Jakarta, belum lama ini.
Dirinya memprediksi, pertanda awal depresi perekonomian dunia kemungkinan akan sangat terlihat sejak kuartal IV-2010. Hal ini ditandai dengan masih negatifnya pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa sampai dengan saat ini.
“Walaupun data pengangguran di AS saat ini sudah menunjukkan perbaikan, tetapi angkanya masih negatif. Sekitar 54 ribu lapangan pekerjaan hilang. Dan tingkat pengangguran di AS meningkat dari 9,2 persen menjadi 9,6 persen. Tingkat pengangguran ini akan terus naik hingga sampai 11-13 persen. Jadi akan ada krisis ekonomi yang lebih parah dari 2008,” jelasnya.
Menurutnya, krisis ekonomi global kali ini akan berjalan lebih lama dan perekonomian dunia akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali pulih. Saat ini dirinya bersama tim riset dari Valbury sedang mengumpulkan data-data pendukung prediksi ini.
“Sekarang kita sedang mengumpulkan data kenapa proses recovery saat ini berjalan semu dan perekonomian dunia serta pasar modal global akan kembali anjlok lagi,” pungkasnya
[okezone.com]
INDONESIA CETAK REKOR EKSPOR
VIVAnews - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Agustus 2010 sebesar US$13,71 miliar. Angka ini merupakan rekor sepanjang sejarah bagi perdagangan Indonesia.
Sebelumnya, rekor ekspor tertinggi terjadi pada Desember 2009. Saat itu, nilai ekspor mencapai US$13,35 miliar. "Ini rekor ekspor terbaru dalam sejarah Republik Indonesia," kata Kepala BPS Rusman Heriawan dalam konperensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat 1 Oktober 2010.
Menurut Rusman, nilai ekspor Indonesia pada Agustus naik 9,76 persen dibandingkan Juli 2010. Sedangkan bila dibandingkan Agustus 2009, kenaikan ekspor mencapai 29,99 persen.
Dari total ekspor itu, sektor nonmigas memberikan sumbangan sebesar US$11,77 miliar atau naik 32,35 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Komoditas utama yang menyumbang ekspor terbesar pada Agustus ini adalah lemak dan minyak hewan nabati dengan kenaikan US$1,1 miliar. Sementara itu, biji, kerak, dan abu logam sebesar US$80 juta.
BPS mencatat, sepanjang Januari-Agustus 2010, nilai ekspor Indonesia telah mencapai US$98,71 miliar atau naik 40,42 persen dibandingkan periode sama 2009.
Surplus Perdagangan
Rusman juga mengungkapkan, nilai impor pada Agustus turun sebesar 3,21 persen dari US$12,63 miliar menjadi US$12,22 miliar. Jika dibandingkan Agustus 2009, nilai ekspor pada bulan ini meningkat 25,89 persen.
Hingga sembilan bulan pertama 2010, nilai impor telah mencapai US$87,78 miliar atau naik 46,87 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.
Melihat neraca perdagangan pada Agustus, Indonesia kembali mengalami surplus sebesar Us$1,49 miliar. "Ini mementahkan kekhawatiran sebagian masyarakat yang mengatakan defisit akan kembali berlangsung," kata Rusman.
Sebelumnya, rekor ekspor tertinggi terjadi pada Desember 2009. Saat itu, nilai ekspor mencapai US$13,35 miliar. "Ini rekor ekspor terbaru dalam sejarah Republik Indonesia," kata Kepala BPS Rusman Heriawan dalam konperensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat 1 Oktober 2010.
Menurut Rusman, nilai ekspor Indonesia pada Agustus naik 9,76 persen dibandingkan Juli 2010. Sedangkan bila dibandingkan Agustus 2009, kenaikan ekspor mencapai 29,99 persen.
Dari total ekspor itu, sektor nonmigas memberikan sumbangan sebesar US$11,77 miliar atau naik 32,35 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Komoditas utama yang menyumbang ekspor terbesar pada Agustus ini adalah lemak dan minyak hewan nabati dengan kenaikan US$1,1 miliar. Sementara itu, biji, kerak, dan abu logam sebesar US$80 juta.
BPS mencatat, sepanjang Januari-Agustus 2010, nilai ekspor Indonesia telah mencapai US$98,71 miliar atau naik 40,42 persen dibandingkan periode sama 2009.
Surplus Perdagangan
Rusman juga mengungkapkan, nilai impor pada Agustus turun sebesar 3,21 persen dari US$12,63 miliar menjadi US$12,22 miliar. Jika dibandingkan Agustus 2009, nilai ekspor pada bulan ini meningkat 25,89 persen.
Hingga sembilan bulan pertama 2010, nilai impor telah mencapai US$87,78 miliar atau naik 46,87 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.
Melihat neraca perdagangan pada Agustus, Indonesia kembali mengalami surplus sebesar Us$1,49 miliar. "Ini mementahkan kekhawatiran sebagian masyarakat yang mengatakan defisit akan kembali berlangsung," kata Rusman.
Sepanjang Januari hingga Agustus, Indonesia mencatat surplus perdagangan sebesar US$ 10,93 miliar. (art)
• VIVAnews