Jumat, 15 Oktober 2010

PENGANTAR BISNIS MODERN "resume bab 4"

BAB IV
MANAJEMEN UMUM

Pengertian Manajemen

• Arti Dan Fungsi Manajemen

Definisi manajemen yang diberikan oleh Profesor Oei Liang Lee,yitu :
Manajemen adalah ilmu dari seni merencanakan,mengorganisasi,mengarahkan,mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5 fungsi manajemen ,yaitu:
1.perencanaan
2.pengorganisasian
3.pengarahan
4.pengkoordinasian
5.pengawasan
Setiap kegiatan yang dilakukan olehsesorang atau sebuah lembagatentu mempunyai tujuan,dan untuk mencapai tuun tersebut perlu dibuat perencanaan,yaitu menggambarkan tentang:
-apa
-bagaimana
-mengapa,dan
-kapan akan dilakukan
Jadi untuk mencapai tujuan harus ada kegiatan,dimana kegiatan-kegiatan yang sama disatukan didalam suatu wadah yang disebut fungsi

• Jenjang Manajemen

Perusahaan besar biasanya mempunyai tiga jenjang manajemen,yaitu :
a. manajemen puncak
jenjang tertinggi adalah manajemen puncak,ini bertugas untuk menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil keputusan penting tentang hal-hal seperti produk baru pengeluaran saham dll.
b. manajemen madya
atau yang sering disebut piramida manajemen ini mempunyai tugas dalam penyusunan rencana operasi yang melaksanakan rencana umum dari manajer pusat.
c. manajemen oprasional
sering disebut supervisor,ini merupakan jenjang terendah,tugasnya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh para manajer madya.

Latar Belakang Sejarah Manajemen

• Gerakan Manajemen Ilmiah
Prinsip-prinsip manajemen ilmiah itu adalah :
Prinsip 1 : semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu cara
Terbaik untuk menyelesaikannya.
Prinsip 2 : orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara
Ilmiah
Prinsip 3 : kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggai
pemegang jabatan dengan cara intensif.
Prinsip 4 : menempatkan manajer dalam perencanaan,persiapan dan pemeriksaan
pekerjaan

Sekolah-Sekolah Tentang Pemikiran Manajemen

Dari beberapa sekolah tentang pemikiran menejemen yang muncul,kita akan membahas lima,yaitu :
• Sekolah klasik(classical school)
Sekolah klasik telah memberikan saran tentang fungsi-fungsi manajemen primer yaitu,perncanaan,pengorganisasian,pengarahan dll.

• Sekolah perilaku(behavioral scool)
Telah menjadi populer dalam tahun 1950an.sekolah ini memusatkan perhatian kepada aspek kemanusian dari manajemen dan menekankan kebutuhan bagi para manajer untuk memahami manusia.
• Sekolah ilmu manajemen (management science school)
Ilmu manajemen merupakan suatu pendekatan kuantitatif yang memberikan alat untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis.adanya computer memungkinkan untuk mempelajari masalah-masalah yang sebelumnya terlalu kompleks untuk diselesaikan.
• Analisis system
System adalah suatu unit untuk dibentuk dari dua atau lebih bagian-bagian independent yang berinteraksi untuk membentuk sebuah organisasi.
• Manajemen hasil
MBO adalah suatu program untuk meningkatkan motivasi dan pengendalian karyawan.disamping itu program tersebut dapat meningkatkan komunikasi antara bawahan dan atasan.namun kekurangannya adalah:
-MBO sulit untuk menentukan tujuan yang tepat
-hanya akan sukses jika semua pihak berpartisipasi
-MBO seharusnya tidak dijadikan sebagai suatu penyelesaian untuk semua
masalah manajemen
-tujun-tujun itu seharusnya layak dan mudah diukur

Peencanaan

Perencanaan merupakan fungsi terpenting diantara semua fungsi manajemen yang ada.adapun sifat-sifatyang lain dari fungsi perencanaan adalah sumbangan terhadap tujuan serta efesiensi dari rencana itu sendiri.
• Bentuk-bentuk perencanaan
Perencanaan ditetapkan sekarang dan dilaksanakan serta digunakan untuk waktu yang akan datang.bentuk-bentuk perencanaan:


a.tujuan
tujuan merupakan suatu sasaran dimana kegiatan itudiarahkan dan diusahakan untuk sedapat mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu.
b.kebijakan
adalah suatu pernyataan atau pengertian untuk menyalurkan pikiran dalam mengambil keputusanterhadap tindakan untuk mencapai tujuan tertentu
c.strategi
merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat.
d.prosedur
merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang
e.aturan
adalah sesuatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur
f.program
merupakan campuran antara kebijakan prosedur,aturan dan pemberian tugas.
• Kegunaan perencanaan
Kegunaan perencanan adalah :
a. mengurangi ketidak pastian serta perubahan pada waktu mendatang
b. mengarahkan perhatian pada tujuan
c. memperingan biaya
d. merupakan sarana untuk mewujudkan pengawasan
• Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan
a.menetapkan tujuan
tujuan menggambarkan tentang apa yang diharapkan dapat tercapai
b. menyusun Anggapan-anggapan
anggapan yang dicari adalah anggapan 6yang diperkirakan dapat memberikan pengaruh terhadap suatu rencana.
c.menentukan berbagai alternatif tindakan
agar tujuan tercapai sebaiknya yang sesuai saja.
d.mengadakan penilaian terhadap alternatif-alternatif tindakan yang sudahdi pilih
dalam lagkah keempat ini dilakukan usaha untuk mencari alternatif mana yang akan memberikan hasil maksimal.
e. mengambil keoutusan
masalah pengambilan keputusan ini akan dibahas lebih lanjut pada butir yang lain.
f.menyusun rencana pendukung
• Perencanaan Merupakan Proses Pendekatan Yang Rasional
dengan berbagai macam langkah yang telah dilakukan untuk menyusun suatu perencanaan,dapatlah dikatakan bahwa perencanaan merupakan suatu proses pendekatan yang rasional untuk waktu yang akan datang
• Jangka Waktu Perencanaan
menurut jangka waktunya,perencanaan dapat dikelompokan menjadi tiga golongan,yaitu:
a.perencanaan jangka panjang
b.perencanaan jangka menengah
c.perencanaan jangka pendek
• Faktor-faktor yang Membatasi Perencanaan
a.sulitnya mencari anggapan secara teliti
b.perubahan yang sangat cepat
c.kekakuan internal
berasal dari dalam organisasi,yaitu:
-kekakuan pshikologis
-kekakuan karena adanya prosedur dan kebijakan
-kekakuan sember daya dan dana
-kekakuan eksternal
-waktu dan biaya
• Pngambilan Keputusan
a.syarat pengambilan keputusan
-harus berusaha ntuk dapat mencapai suatu tujuan yang tidak terpenuhi tanpa
melalui tindakan yang posotif
-harus mengetahui dengan jelas tujun-tujuan
-harus mempunyai kemampuan untuk menganalisis
-harus bersikap optimis dan mempunyai kemauan yang kuat
b.alat pengambilan keputusan
alat-alat pengambilan keputusan,yaitu :
-operation research
-teori probabilitas
-linear programing
Alat-alat pengambilan keputusan pada keadaan yang tidak pasti,yaitu:
-analisa resiko
-pohon keputusan

Pengorganisasian

• pengertian
merupakan usaha untuk menyusun komponen-komponen pokok sedemikin rupa,sehingga dapat dipakai sebagai sarana untuk mencapai tujuan.hubungan-hubungan yang timbul didalam organisasi dapat berbentuk :
a.hubungan informal
b.hubungan formal,terdapat 3 hubungan dasar yaitu:
-tanggung jawab
-wewenang
-pertanggungjawaban
• pola hubungan antara komponen organisasi
antara tujuan,fungsi,tanggung jawab,wewenang serta pertanggungjawaban mempunyai hubungan yang erat,dan berkaitan satu dengan yang lainnya.
• Rentangan kekuasaan
Hubungan antara pimpinan dengan bawahan dipengaruhi oleh faktor :
a.latihan dari bawahan
b.pendelegasian wewenang
c.perencanaan
d.teknik komunikasi
• Dasar-dasar penggolongan bagian didalam organisasi
Pengelompokan menjadi bagian-bagian didalam sebuah oraganisasi dapat didasarkan pada beberapa faktor berikut ini:
a.didasarkan pada suatu angka
b.didasarkan pada waktu
c.didasarkan pada fungsi perusahaan
d.didasarkan pada luas daerah operasi
e.didasarkan pada jenis barang yang dihasilkan
f.didasarkan pada jenis langganan
• Karakteristik struktur organisasi
Setiap struktur organisasi yang baik harus memiliki dua kerakteristik dasar,yaitu :
a.keseimbangan dalam organisasi
b.fleksibel

Pengarahan

• Prinsip-prinsip pengarahan
Pengarahan merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan.pengarahan yang diarahkan oleh pimpinan harus berpegangan pada beberapa prinsip,yaitu :
a.prinsip mengarah kepada tujuan
b.prinsip keharmonisan dengan tujuan
c.tujuan kesatuan komando
• Cara-cara pengarahan
a.orientasi
b.perintah
c.delegasi wewenang
• Komunikasi
Kesimpulan dari beberapa definisi komunikasi adalah:
a.didalam komunikasi terdapat hubungan antara orangdengan orang,orang dengan
lembaga dan sebaliknya.
b.hubungan yg timbul didalam komunikasi digunakan untk menyalurkan gagasan
c.berguna untuk menciptakan hubungan yang serasi
d.dapat digunakan kata-kata kode atau simbol.
• Motivasi

Pengkoordinasian

• Prinsip-prinsip koordinasi
a.prinsip kontak langsung
b.prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
c.hubungan timbal balik diantara faktor-faktor yang ada
• Pelaksanaan fungsi koordinasi
Pelaksanaan fungsi koordinasi,manajer dapat menempuh dua cara,yaitu:
a.menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untukmemberikan
fasilitas bagi terlaksananya koordinasi
b.memastikan apakah masing-masing individu sudah mengetahui prinsip-prinsip
koordinasi

Pengawasan

• Penertian
Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilaksanakan dalam manajemen.dengan pengawasan dapat diketahui tentang hasil yang telah dicapai.
• Langkah-langkah pengawasan
a.menciptakan standard
b.membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standard
c.melakukan tindakan koreksi
• Syarat-syarat pengawasan yang baik
a.pengawasan harus mendukung sifat dan kebutuhan dan kegiatan
b.pengawasan harus melaporkan setiap penyimpangan
c.pengawasan harus mempunyai pandangan kedepan,dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar