BAB 7
PEMASARAN
Pengertian dan Konsep Pemasaran
• Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.
• Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuasakan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima faedah,yakni :
(1)faedah bentuk
(2)faedah waktu
Dapat diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya
Merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
(3)faedah tempat
Merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
(4)faedah milik
Diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
(5)faedah informasi
Diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran sesuatu produk kepada konsumen.
• Konsep Pemasaran
Merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemusan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan solusi bagi kelangsungan hidup perusahaan.
• Pendekatan Studi Pemasaran
Pemsaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan,yaitu:
1. pendekatan serba fungsi
2. pendekatan serba lembaga
3. pendekatan serba barang
4. pendekatan serba manajemen
5. pendekatan serba sistem
• pendekatan Serba Fungsi
1. penjualan
penjualan merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk untuk mencapai pasar yang dituju.
2. pembelian
bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga,pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
3. pengangkutan
merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan.
4. penyimpanan
merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
5. pembelanjaan
Adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ektern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
6. penanggungan Risiko
Adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
7. standarisasi dan granding
merupakan dua istilah yang agak berbeda meskipun ada juga persamaannya.
Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikkasi barang-barang hasil manufaktur,kadang disebut normalisasi.
Granding adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam golongan standard kualitas yang telah mendapat pengakuan dunia perdagangan.
8. pengumpulan informasi pasar
3 macam fungsi pokok pemasaran,yaitu :
a)fungsi petukaran,meliputi pembelian dan penjualan.
b)fungsi penyediaan fisik,meliputi:pengangkutan dan penyimpanan
c)fungsi penunjang,meliputi:pembelanjaan,penanggungan resiko,standarisasi dan granding,serta pengumpulan informasi pasar.
• Pendekatan Serba Lembaga
Lembaga tersebut adalah :
1. penyediaan bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
2. produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
3. perantara pedagang
4. perantara agen
5. perusahaan saingan
6. pembeli akhir
• pendekatan Serba Barang
merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
• Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitikberatkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
• Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang,dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
Struktur Organisasi Pemasaran
Sebagai salah satu fungsi poko dalam perusahaan,pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaa.manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam dua sub bagian:
1. sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
2. sub bagian penjualan umum.
Pasar
• Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.,yang terdapat dalam pasar:
1. orang dengan segala keinginannya
2. daya beli mereka
3. kemauan untuk membelanjakan uangnya.
• Macam-macam Pasar
1. pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan,bukannya dijual atau diproses lebih lanjut
2. pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi.
3. pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud dijual lagi.
4. pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah.
• Segmentasi Pasar
Segementasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari satu produk ke dalam satuan-satuan pasar(segmen pasar)yang bersifat homogen.
Marketing Max dan Produk
• Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem persamaan perusahaan,yakni:produk,struktur harga,kegiatan promosi,dan sistem distribusi.
• Pengertian Barang
Barang atau produk adalah satu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba,termasuk bungkus,warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya.
• Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
Penggolongan ini menunjukkan berapa kali sebuah barang dapat digunakan,apakah sekali,dua kali atau beberapa kai,atau sekian banyak kali.selain itu ,penggolngan tersebut juga menunjukan konkrit tidaknya suatu barang,sehingga barang-barang dibagi kedalam:
1. barang tahan lama
2. barang tidak tahan lama
3. jasa
• Penggolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
1. barang konsumsi
2. barang industri
• Siklus Kehidupan Barang (product Life Cycle)
Seperti halnya manusia,barang juga memiliki siklus kehidupan/umur yang terdiri atas beberapa tahap sejak barangdiperkenalkan,sampai tidak lagi terdapat di pasaran;ini disebut sebagai siklus kehidupan barang.tahap-tahap siklus kehidupan barang :
1. tahap perkenalan
2. tahap pertumbuhan
3. tahap kedewasaan dan kejenuhan
4. tahap kemunduran
• Merk
Brand/merk adalah satu nama ,istilah simbul,atau disain yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang yang dihasilkan oleh pesaing.
Saluran Pemasaran
• Pengertian Saluran Pemasaran
Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
• Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
• Saluran Distribusi Ganda
Faktor-faktornya adalah:
1. jenis barang yang dipasrkan
2. produsen yang menghasilkan produknya
3. penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. pasar yang dituju
• perantara saluran
• Pedagang besar
• Pengecer
Jenis-jenis pengecer:
1. general marchendise store
2. single-line store
• Agen
Jenis-jenis agen :
1. agen penjualan
2. agen pembelian
3. agen pengangkutan
• jumlah perantara dalam saluran
3 alternatif yang dapat ditempuh oleh produsen :
1. distribusi intensif
2. distribusi selektif
3. distribusi eksklusif
• distribusi fisik
pada pkoknya ,dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah :
1. pengangkutan
2. penyimpanan
Penentuan Harga
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
• Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga
1. keadaan perekonomian
2. penawaran dan permintaan
3. elastisitas permintaan
4. persaingan
5. biaya
6. tujuan perusahaan
7. pengawasan pemerintah
• metode-metode penetapan harga
1. penetapan harga biaya plus(cost-plus pricing method)
2. penetapan harga mark-up (mark-up pricing method)
3. penetapan harga break-even (break even pricing)
• politik penetapan harga
(1)penetapan harga psikhologis,(2)price lining(3)potongan harga(4)penetapan harga geografis
Promosi dan Periklanan
• promosi
salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.
• Periklanan
Adalah komunikasi non-individu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan,lembaga non-laba,serta individu-individu
Personal Selling,Promosi Penjualan,dan Publisitas
• Persunal selling
Adalah interaksi antar individu,saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
• Promosi penjualan
Merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama menggunakan kata promosi.
• Publisitas
Merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar